Senin, 28 Juli 2008

Menyandingkan Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron) Dengan Fedora 9 (Sulphur)

Dual booting Ubuntu 8.04 LTS dengan Fedora 9Melanjutkan kebiasaan dan tradisi dengan hadirnya release terbaru distro Linux yang biasa saya gunakan, so kemarin saya instal distro Linux Fedora 9 (Sulphur) untuk mendampingi Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron) dalam PC yang saya gunakan bekerja sehari-hari di tempat kerja. Istilah lainnya dual booting .. :-) Installer Fedora 9 menggunakan DVD, meski saat ini sudah tersedia versi Live CD-nya. Ubuntu 8.04 LTS yang saya gunakan merupakan versi desktop yang sudah saya tambahkan beberapa paket untuk server. Artikelnya sudah saya tuliskan di Mencoba Ubuntu 8.04 LTS Versi Desktop. Selain karena kebutuhan untuk membiasakan diri dengan berbagai distro Linux yang paling banyak digunakan di tempat kerja, tujuannya adalah untuk mempelajari aplikasi server dan desktop guna mempersiapkan pelatihan Linux dan OSS bagi guru dan karyawan sekaligus laboratorium TIK berbasis Linux dan OSS.

Masing-masing distro diinstal menggunakan 3 partisi, yaitu /, swap, dan /home dalam harddisk 80 GB (jadi ada 6 partisi harddisk).

Tidak ada komentar: